Friday, February 1, 2013

BEASISWA UNTUK HAPUS ISLAMPHOBIA DI AMERIKA


Sebuah asosiasi mahasiswa muslim di Amerika telah mengambil inisiatif yang unik dengan memberikan beasiswa kepada siswa dalam rangka menghilangkan kesalahpahaman tentang Islam dan untuk menyebarkan ajaran Islam yang sesungguhnya.

Islam adalah agama kedua terbanyak pemeluknya di seluruh dunia dengan 1,5 miliar pengikut. Namun demikian, Islamophobia masih berlanjut di negara-negara barat bahkan di lembaga pendidikan termasuk kampus University of Washington.

Untuk membantu menghilangkan stereotip dan menyebarkan pengetahuan tentang agama, Asosiasi Mahasiswa Muslim Amerika (MSA) telah membentuk beasiswa tahunan sebesar $1.000 untuk dua mahasiswa baru atau mahasiswa transfer. Ini adalah beasiswa pertamakali yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh MSA ke tingkat nasional.

 "Masyarakat kita dan negara perlu menyadari bahwa kaum Muslim juga warga Amerika dan kami bekerja keras untuk Amerika yang lebih baik dan lebih progresif," kata Presiden MSA Ahsen Nadeem.

Salah satu persyaratan mendapatkan beasiswa tersebut adalah mengisi sebuah essai bertemakan mengapa mereka "merasa penting untuk mendorong identitas Muslim dalam kalangan Muslim di kampus dan untuk menghilangkan citra buruk terhadap Islam."

Nadeem juga mengatakan bahwa MSA berusaha untuk terbebas dari label dan mengakhiri diskriminasi melalui rapat, di mana para anggota menyebarkan kebenaran tentang Islam.

MSA adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa di kampus, komunitas tersebut mengadakan beberapa acara setiap tahun. Pada bulan Februari komunitas tersebut akan menjadi tuan rumah acara Fast-a-thon, dimana siswa diharapkan untuk meningkatkan kesadaran tentang kelaparan dan tunawisma di komunitas mereka. Acara lainnya, seperti Pekan Kesadaran Islam, akan dilangsungkan nanti pada akhir tahun ajaran.

Tariq Yusuf, seorang anggota di MSA memberitahu bahwa MSA adalah salah satu dari sedikit komunitas yang menawarkan beasiswa uang kepada mahasiswa.

Dia mengatakan, "Kami ingin mengadakan acara ini sebagai tradisi. Kami berharap kami dapat terus mengumpulkan uang yang cukup untuk berlangsungnya acara ini untuk tahun yang akan datang. "

Esai lomba berfokus pada dua tujuan MSA yang diharapkan bias untuk dicapai. Tujuan ini termasuk menyediakan komunitas yang aman dan ramah bagi siswa Muslim dan meningkatkan kesadaran Islam di Universitas Washington.

Pemandangan di kampus Universitas Washington
Anggota MSA percaya bahwa dengan mengembangkan sebuah beasiswa yang membahas masalah stereotip Muslim dan tersedia bagi Muslim dan non-Muslim, diharapkan hal tersebut akan bisa mencapai kedua tujuan mereka.

0 komentar:

Post a Comment