Sunday, May 26, 2013

Tips Masuk PTN Favorit Kamu

Sebentar lagi banyak adik-adik kita yang mau mendaftar ke perguruan tinggi setelah kelulusan SMA. Banyak tentunya yang merasa bingung kira-kira tempat kuliah mana yang akan dipilih? Sebelum memilih kampus mana yang akan dituju ada baiknya kita men-setting goal kita supaya tercapai dan berhasil tembus masuk kampus favorit. Yang pasti segala sesuatu bakal tercapai kalau kita punya kesungguhan yang kuat, kemauan yang keras dan usaha.
Ada usaha ada jalan, begitu kara orang. Memang benar uangkapan tersebut kawan, kita harus mengupayakan segala kemampuan kita dalam menempuh ujian masuk ke PTN favorit. Nah, berikut ini kami hadirkan tips dan saran buat Anda sebelum mengikuti seleksi SBMPTN…
·         Goal yang jelas dan terukur
Segala sesuatu yang kita fikirkan, rasakan dan lakukan pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Oleh sebab itu penetapan tujuan alias goal setting harus ditentukan sebelum kita melangkah untuk mencapainya. Sebesar apapun keinginan, tujuan, cita-cita dsb bisa diraih asalkan kita bisa mem-breakdown impian kita tersebut. Mem-breakdown maksudnya memotong-motong atau bahasa kita adalah menyicil impian kita. Missal: kalau kita ingin rumah seharga 1 milyar maka kita paling tidak harus mencicilnya, bisa dengan cara jalan usaha jualan, jual jasa dsb.
·         Minat 
kita harus mampu mengidentifikasi minat kita. Seseorang yang memiliki minat terhadap bidang ilmu yang berhubungan dengan perhitungan atau matematika sebaiknya kuliah di bidang-bidang yang banyak hubungannya dengan aplikasi matematika seperti Teknik, Matematika, Fisika, Statistik, Ilmu Komputer. Jika minat anda di bahasa maka masuklah di Fakultas Sastra, jadi minat disini juga berperan menentukan mood kita saat kuliah nanti. Jangan sampai nanti pas sudah kuliah malah kita merasa “terpaksa” kuliah di kampus kita.
·         Bakat
Keberhasilan dalam studi juga dipengaruhi oleh bakat, maka segera telusuri apa bakat anda. Jika seseorang kuliah dalam jurusan eksak tetapi sebenarnya dia kurang berbakat dalam bidang eksak, maka hasil studinya kurang optimal dibandingkan temannya yang memiliki bakat/talenta bidang eksak.

jangan lupa pertimbangkan pula kemampuan, kemampuan apa saja itu??
o    Kemampuan akademik
o    Kemampuan psikis
o    Kemampuan financial
·         Kuasai Peta Soal SNMPTN
Menguasai Peta Soal SNMPTN terbaru merupakan keharusan sebagai bekal mengahadapi pertempuran. Peta soal adalah alat anda untuk mengetahui “medan pertempuran” agar kita faham betul garis besar materi yang akan diujikan dalam “ pertempuran” tersebut Peta SNMPTN bisa dibuat sendiri atau melalui suatu lembaga Bimbingan Belajar berdasarkan soal 5 tahun terakhir.  
·         Belajar tidak dijadikan sebagai beban 
Selama ini kita menganggap belajar adalah sebuah beban. Bila kita sampai pada kesimpulan seperti itu, maka selamanya kita tidak akan mendapatkan banyak hal dalam belajar. Mengapa demikian? Karena, tak ada seorang pun yang menghendaki beban. Beban adalah suatu yang harus dipikul dan seakan-akan sebuah paksaan. Oleh sebab itu kita harus mengubah sikap itu.
 
·         Belajar itu GAMPANG KOK !!!
Tak ada seorang pun yang menyukai kesulitan. Setiap orang senanti asa berusaha menghindari diri dari kesulitan. Kalau ada orang yang menyukai kesulitan berarti ia tidaklah normal. Oleh karena itu, tanamkanlah di diri kita keyakinan bahwa belajar itu mudah.
·         Guru adalah kunci utama sukses membantu belajar anda
Guru memiliki peranan penting dalam mengajari anda. Guru yang mampu mentransfer ilmunya dengan baik dengan penguasaan dan kemampuan mengerjakan soal yang baik akan mempermudah anda mengerti pelajaran. Namun terlebih dari itu, anda sendirilah yang harus menentukan sukses atau tidaknya belajar. Guru hanya sebagi alat bantu anda mengerti pelajaran yang anda butuhkan.
·         Strategi Mengerjakan Soal
Soal apapun yang menjadi prioritas adalah wajib di dahulukan dalam mengerjakan soal Simak-UI, UM, maupun SNMPTN.
·         Do’a
Manusia hanya dapat melakukan usaha, selebihnya Allah lah yang mengaturnya. Nah, disinilah peran doa. Setelah kita usaha maka tinggal kita pasrahkan saja melalui doa. Usahakan bangun di sepertiga akhir malam untuk tahajjud dan berdoa. Yang tidak kalah penting adalah minta doa kepada orang tua kita, Insya Allah mustajab doanya.

SELAMAT MENCOBA..!!!


1 comment: