Saturday, June 29, 2013

Amerika Gelontorkan Senjata Mliter Lebih Banyak Lagi untuk Israel

New York - Amerika Serikat berencana untuk menyediakan paket senjata canggih lain ke Israel dalam upaya meningkatkan perlombaan senjata di Timur Tengah.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan diskusi antara Amerika Serikat dan Israel mengenai kesepakatan senjata sedang berlangsung.

Pesawat udara pengisi bahan bakar, radar canggih untuk pesawat F-15hingga delapan V-22 Osprey merupakan senjata-senjata baru yang akan dikirim. Pesawat jenis Ospreys sendiri dapat membawa dua lusin pasukan operasi khusus.

Kesepakatan itu akan menjadi bagian dari paket militer Tel Aviv yang mencakup satu miliar dolar yang mencakup delapan V-22 tilt-rotor, $ 500 juta untuk retrofit radar untuk pesawa F-15, dan satu miliar dolar untuk berbagai senjata lainnya.

Sebuah rilis pers Departemen Pertahanan mengatakan paket termasuk Boeing KC-135 "Stratotanker" yang dapat mengisi bahan bakar dan pesawat Ospreys dan pesawat jenis lainnya. Ini juga mencakup rudal anti-radiasi yang digunakan untuk menargetkan sistem pertahanan udara, dan radar canggih untuk armada F-15 Israel.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Kamis untuk membicarakan kesepakatan senjata. 

Sebuah Penelitian dari Congressional Research Service (CRS) menunjukkan bahwa Amerika Serikat memberikan Israel lebih dari $ 67 milyar dollar bantuan militer yang didanai pembayar pajak dan pinjaman antara 1968 dan 2008.

Pada tahun 2007, mantan presiden George W. Bush menandatangani perjanjian dengan Israel untuk memberikan tambahan $ 30 miliar dalam senjata untuk 2009-2018.


Israel telah dan akan terus akan diizinkan untuk menggunakan sekitar 25 persen dari bantuan militer AS untuk membeli peralatan dari produsen. (T/P05)

0 komentar:

Post a Comment